Perkenalkan Kendaraan Listrik, ‘Bike Electric Education Goes To School’

kendaraan berbasis baterai

topmetro.news – Penggunaan kendaraan listrik semakin memasyarakat, termasuk di kalangan pelajar. Apalagi, PLN UID Sumatera Utara pun gencar mengkampanye penggunaan kendaraan berbasis baterai di Sumut.

Kali ini, Komunitas EVThink melakukan sosialisasi ‘BEE Goes To School’ untuk memperkenalkan motor listrik ke siswa siswi SMK Swasta GBKP di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Program ini merupakani bentuk edukasi mengenai konversi kendaraan listrik, sekaligus memperkenalkan kendaraan listrik ke siswa siswi SMK guna mendukung program pemerintah ‘Zero Emisi’ di tahun 2060.

Manager UP3 Bukit Barisan mengatakan, pentingnya memperkenalkan konversi kendaraan konvensional menjadi kendaraan berbasis baterai agar siswa siswi SMK dapat meningkatkan skill, khususnya pada kendaraan listrik.

“Program ini bentuk sosialisasi yang kami buat agar mempermudah masyarakat khususnya pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Karo. Agar nantinya dapat mengkonversi kendaraan berbasis fosil menjadi baterai serta juga perbaikan kendaraan listriknya,” ujar Gumelar.

Dalam kegiatan ini diperkenalkan kendaraan listrik yang diberi nama BEE (Bike Electric Education). Sebuah motor mini berwarna kuning dengan menampilkan komponennya secara transparan. Sehingga memudahkan siswa siswi untuk mengetahui peralatan apa saja yang perlu untuk mengkonversi kendaraan berbasis baterai. Hingga bagaimana cara perawatannya.

Kepala SMK Swasta GKBP Dr Aris Ginting mengatakan, pembelajara tentang kendaraan listrik belum tersedia di kurikulum pendidikan. “Melalui kegiatan ini kami merasa senang. Karena para siswa mendapatkan ilmu baru tentang bagaimana mengkonversi dan perbaikan kendaraan listrik,” ujarnya.

“Saat ini belum tersedia materi pembelajaran tentang kendaraan listrik. Melalui sosialisasi ini diharapkan siswa siswi bisa mengetahui dan mampu nantinya dapat mengkonversi hingga melakukan perbaikan kendaraan listrik di Kabupaten Karo,” lanjut Aris.

Berkelanjutan

Di tempat terpisah General Manager Tonny Bellamy mengaku bangga kepada anak muda insan PLN di UP3 Bukit Barisan yang telah menginisiasi kegiatan ini. Ia pun berharap kegiatan ini dapat berlangsung secara berkelanjutan. Sehingga siswa SMK di Kabupaten Karo mampu bersaing dengan siswa SMK lainnya dalam memodifikasi kendaraan konvensional menjadi listrik.

“Ini merupakan kegiatan positif untuk generasi muda di Kabupaten Karo. Memodifikasi kendaraan konvensional menjadi kendaraan listrik menjadi trend saat ini khususnya di Pulau Jawa. Kegiatan ini harus kita dorong. Agar siswa SMK di Sumatera Utara, khususnya di Kabupaten Karo dapat bersaing dengan siswa SMK lain di berbagai daerah,” jelas Tonny.

Dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Kabupaten Karo. PLN telah menyiapkan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) di wilayah tersebut. Saat ini pelanggan dapat mengetahui lokasi SPKLU melalui ‘Aplikasi PLN Mobile’. Aplikasi tersebut dapat diunduh melalui ‘AppStore’ dan ‘PlayStore’.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment